Burung Prenjak Bambu makin langka - EKicau

Burung Prenjak Bambu makin langka

Dulu burung prenjak bambu sering saya jumpai berkeliaran di kebun-kebun,halaman rumah dan dipinggiran sungai dengan suara khasnya. tapi kini saya tak pernah  sekalipun melihat burung jenis ini atau mendengar suaranya di daerah saya. Burung prenjak bambu merupakan kerabat dari burung prenjak kepala merah. kalau si kepala merah masih banyak banget di desa saya.
burung prenjak bambu telah banyak diburu orang untuk dijadikan peliharaan di rumah karena memiliki suara yang keras dan gaya tarung yang unik jika bertemu dengan burung sejenis. meskipun burung ini segede ibu jari  orang dewasa tapi suaranya sangat keras sekali.maka tak heran jika kita lihat di pasar burung harga burung prenjak bambu ini melonjak hingga ratusan ribu. bahkan saya sampai heran ada se ekor burung prenjak bambu yang sudah jadi dijual dengan harga 750 ribu. wah kalau itu sih lebih mahal daripada kacer.

Burung ini kedepannya mungkin akan punah, seperti burung jalak suren,kepodang,branjangan,kacer yang benar-benar sudah punah di desa saya karena perburuan.
harapan saya kedepannya ada seseorang atau lebih yang mau melestarikan/ternak burung prenjak bambu agar tidak punah dan tetap bisa kita nikmati suaranya yang merdu.

Burung prenjak bambu adalah burung pemburu yang gemar memangsa serangga kecil seperti : jangkrik,belalang,ulat,kadang juga memakan biji benalu.
 Burung ini relatif sulit dipelihara, anda harus konsisten dalam perawatannya. Usahakan untuk burung yang baru ditangkap dikerodong dulu dan diberi kroto setiap hari jangan sampai telat.
pada hari ke 3, taruh voer halus di cepuk dan kasih kroto diatasnya juga taburi kroto tersebut dengan voer halus. lama kelamaan jika kroto telah habis dan burung lapar dia akan mencicipi voer halus tersebut hingga ia terbiasa. namun jangan di stop pemberian krotonya.bisa-bisa burung akan mati mendadak karena tidak bisa beradaptasi dengan makanan baru. saran saya 2 minggu kroto jangan sampai putus. setelah itu biasanya burung sudah mau makan voer. kurangi pemberian kroto menjadi 3 kali seminggu tapi beri jangkrik setiap hari 3 ekor. hingga burung benar-benar terbiasa makan voer.

bila anda ingin memelihara burung ini,atau ingin membeli di Pasar burung saran saya adalah:
1. Pilih yang berdada hitam banget
2. Pilih yang Pemberani jika kita dekati
3. Periksa kepalanya ada beberapa helai rambut yg terjuntai keluar,maka bisa dipastikan itu jantan
4. Pilih yang berkepala besar,ini menandakan burung memiliki mental kuat dan suara yang lantang
5. Pilih yang paruh dan tenggorokannya hitam

itulah cerita sedikit tentan prenjak bambu yang keadaannya susah ditemukan. yah mudah-mudahan ada orang yang tersadar setelah membaca blog ini dan segera melestarikan burung prenjak bambu.
Sumber : http://kumarasakti.blogspot.com
Share 'Burung Prenjak Bambu makin langka - EKicau' On ...

2 komentar untuk "Burung Prenjak Bambu makin langka - EKicau"

  1. Iya nih di daerh saya juga hewan seperti itu sudah sangat sulit sitemukan gan !

    BalasHapus
  2. Gunakan MARKEL untuk extra fooding burung prenjak kesayangan anda. Sebagai alternatif pengganti jangkrik, ulat dan serangga hidup lainnya.

    Extra fooding MARKEL buat prenjak gacor 

    Extra fooding MARKEL, solusi cerdas untukburung prenjak kesayangan anda

    BalasHapus